2 Feb 2011

MEMBANGUN EMOSI YANG POSITIF

0

MEMBANGUNG EMOSI YANG POSITIF
Efesus 4:17-23

Manusia memiliki 2 tipe emosi: emosi negatif dan emosi positif. Emosi negatig memiliki ciri: takut terhadap bayang-bayang (sesuatu yang belum tentu terjadi), cepat bereaksi, berpikir negatif, sulit mengambil keputusan, relasi yang ingin menang sendiri, mudah putus asa, rentan terhadap stress,
Emosi positif memiliki ciri: takut terhadap kenyataan (takut yg wajar setelah menghadapi kenyataan), tidak mudah bereaksi, berpikir positif, relasi yang mengedepankan kepentingan bersama/orang lain, berani mengambil keputusan, tidak mudah menyerah (never give up), tidak rentan terhadap stress. Lebih stabil.

Bagaimana caranya agar kita dapat membangun emosi yang positif?

1. Matikan dalam diri kita segala sesuatu yang duniawi (Kol 3:5).
Percabulan, hawa nafsu, serakah yang sama dengan penyembahan berhala itu harus dibuang, karena itu semua bagian dari emosi kita negatif. Jika hal itu dipelihara akan mengakibatkan emosi kita menjadi rusak. Belajarlah untuk membuang semuanya itu.

2. Kita harus berakar, dibangun, bertambah teguh dalam iman di dalam Kristus dan hati yang melimpah dengan syukur (Kol 2:6-7).
Inilah yang disebut hidup dalam Kristus, emosi kita harus berakar di dalam Dia, emosi kita harus dibangun di atas Dia.

3. Lakukan segala sesuatu dengan tidak bersungut2 dan berbantah-bantahan, lakukan segala sesuatu dengan sukacita (fil 2 14-18);
Emosi yang negatif akan mempengaruhi tindakan kita menjadi tindakan yang destruktif (merusak). Emosi yang positif akan mempengaruhi tindakan kita menjadi tindakan yang konstruktif (membangun).

4. Kuasailah diri kita dan menjadi tenang (I Pet 4:7).
Kuasai emosi kita, supaya tenang lalu dapat berdoa. Jika emosi negatif semakin diperbesar maka keinginan untuk berdoa semakin kecil. Sebaliknya jika emosi positif diperbesar, maka keinginan untuk bedoa semakin besar.

SUDAHKAH KITA MEMILIKI EMOSI YANG BAIK DAN BERKENAN KEPADA ALLAH?

Semoga renungan ini bermanfaat bagai saudara.......

TTD
Jessy Matruti
Gembala Gbi Haurgeulis II

0 comments:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Blog Archive

 
Design by ThemeShift | Bloggerized by Lasantha - Free Blogger Templates | Best Web Hosting