20 Jan 2011

KEUNTUNGAN DALAM IBADAH

0

I Tim 6:2-10

Panggilan tertinggi umat yang percaya kepada Tuhan adalah "Ibadah". Ibadah juga adalah respon tertinggi umat percaya. Dalam Perjanjian Lama ketika Israel dalam masa perbudakan, alasan yang Musa untuk minta ijin kepada Firaun untuk meninggalkan Mesir adalah membiarkan mereka untuk beribadah kepada Tuhan (Yahweh).
Dalam maleakhi 3:14 umat Tuhan bertanya "apakah untungnya beribadah kepada Allah?" namun maleakhi menjawab "bahwa ada keuntungan yang disiapkan Allah bagi mereka yang menghormati nama Tuhan.
Keuntungan apa saja ketika kita beribadah kepada Tuhan?

1. Ibadah memberi keuntungan dalam mengikat tali persaudaraan (ayat 3-4)
Tali persaudaraan harus dibina dalam ibadah, hindarilah percecokan, soal yang dicari-cari. Ikat tali persaudaraan dengan sesama, jangan bersilat kata, berlaga tahu apalagi dengki dengan saudara seiman. Saat ibadah ikatlah tali persaudaraan dengan sesama. Kerukunan adalah pintu berkat orang percaya.

2. Ibadah memberi keuntungan yaitu memperbaiki motivasi yang salah (ayat5)
Ada banyak orang beribadah dengan motivasi mencari keuntungan (uang) orang yang demikian adalah orang yang serakah bahkan orang yang cinta uang, bukan cinta Tuhan. Motivasi kita yang demikian akan diperbaiki saat kita mendengarkan kebenaran firman saat kita beribadah.

3. Ibadah memberi keuntungan karena menciptakan kepuasan (ayat 7-8)
Ayat 7 berkata kita tidak membawa apa2 ke dalam dunia ini,ternyata kebutuhan kita asal ada makanan, pakaian cukuplah. Seseorang jatuh ke dalam berbagai pencobaan karena ketidak-puasan.

4. Ibadah memberi keuntungan besar, karena Allah sendiri akan menjamin kebutuhan manusia (ayat 8)
Selama 40 tahun bangsa Israel hidup dan beribadah di padang gurun, tetapi Allah memelhara kebutuhan mereka. Jika kita persoalkan makanan dan minuman, itu berarti kita tidak percaya kepada Allah kita sama dengan orang kafir.
5000 orang laki2 saja setelah ibadah (mendengar firman) Tuhan Yesus memberikan makanan kepada mereka.

JIKA IBADAH MENDATANGKAN KEUNTUNGAN MASA KAN KITA TIDAK IBADAH KEPADA ALLAH YANG HIDUP

0 comments:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Blog Archive

 
Design by ThemeShift | Bloggerized by Lasantha - Free Blogger Templates | Best Web Hosting