16 Feb 2011

MENANG ATAS MARAH

0

MENANG ATAS MARAH
Simon Malkhi Gunawan

"Apabila kamu menjadi marah, janganlah kamu berbuat dosa; janganlah matahari terbenam, sebelum padam amarahmu." (Efesus 4:26).

Semua orang pasti pernah marah dan dimarahi, karena memang marah adalah hal yang manusiawi. Kita tidak bisa menghindar dari kemarahan walaupun kita adalah orang yang sabar. Se sabar-sabarnya kita, pasti ada saatnya kita marah. Pertanyaannya, apakah marah itu dosa? Jawabannya adalah tidak! Karena marah merupakan salah satu cara bagi manusia bahkan Tuhan untuk menegur, untuk memperbaiki kesalahan, bahkan Tuhan Yesus pun pernah marah. Tetapi mengapa banyak orang Kristen jatuh dalam dosa karena marah? Masalahnya adalah apakah marah itu dapat menyebabkan kita kehilangan kekudusan dan menjatuhkan orang lain ke dalam dosa?
Orang Kristen yang marah haruslah memakai hikmat dari Allah sehingga kita tidak berdosa kepada Allah dan orang yang dimarahi tidak kecewa, tetapi menjadi lebih baik. Ada beberpa prinsip yang harus kita perhatikan sebagai orang Kristen yang benar jika kita sedang marah.

I. TIDAK SAMPAI BERBUAT DOSA DAN TIDAK LUPA BERDOA (Ef. 4:26).

Kita perlu menyadari bahwa marah itu haruslah memiliki tujuan yang baik dan melakukannya dengan benar. Kemudian marah haruslah ada etika yang baik yaitu tidak dengan kata-kata "kotor", "jorok". Karena kalau kita melakukannya, maka kita kehilangan kekudusan. Janganlah karena amarah itu, kita lupa berdoa kepada Tuhan.

2. JANGAN SAMPAI MATAHARI TENGGELAM (Ef 4:26).

Artinya jangan sampai berganti hari. Marah tidak boleh dibawa tidur, karena waktu tidur bisa merupakan waktu-waktu berkat dicurahkan tetapi bisa juga merupakan waktu setan bekerja.

3. JANGAN MENYIMPAN DENDAM.

Jangan menyimpan dendam. Belajar mengampuni atau melepaskan pengampunan. Kalau kita belajar mengampuni orang, kita diampuni, kita diberkati dan kita dilepaskan dari beban kita.

4. JANGAN BERI KESEMPATAN KEPADA IBLIS (Ef. 4:27; 2 Kor 2:10-11).

Dalam amarah kita, jangan sampai iblis mengambil keuntungan dengan menguasai kita sehingga kita tidak kudus dihadapan Tuhan.

0 comments:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Blog Archive

 
Design by ThemeShift | Bloggerized by Lasantha - Free Blogger Templates | Best Web Hosting