17 Jan 2011

MASALAH HATI dan KETAATAN

0

Memasuki tahun 2011 visi yang kita terima adalah "Tahun Multiplikasi dan Promosi" namun memasuki dan untuk mendapatkan visi ini tergenapi dalam hidup setiap kita diperlukan ketaatan dan peka akan kehendakNya.

Tuhan pada dasarnya lebih mementingkan karakter kita lebih dari segalanya! Karakter yang Dia mau kita miliki adalah karakter Manusia Baru (karakter Kristus)!

Raja Daud, Tuhan katakana sebagai "a man after His own heart" tertulis dalam di kitab Samuel 13:6-14. Daud ditentukan oleh Tuhan untuk menggantikan posisi Saul! Kenapa Saul harus digantikan oleh Daud?

Meskipun Saul secara lahirliah elok rupanya diatas rata-rata boleh dikatakan (1 Samuel 9), Saul disukai oleh Samuel, Saul disukai oleh umat Israel namun dimata Tuhan bukan apa yang dipandang baik oleh kita dipandang baik oleh Tuhan, karena Tuhan jauh melihat kedalam hati setiap manusia melebihi rupa/apa yang dilihat dari luar.

Mengapa Tuhan menolak Saul pada akhirnya? Ketidaktaatan Saul-lah yang membuat hal ini terjadi. Saat peperangan di Gilgal, Saul tidak menepati perintah Tuhan yang disampaikan oleh Samuel. Keadaan yang Tuhan ijinkan Saul hadapi menghasilkan tindakan Saul yang sesungguhnya. Saul lebih mementingkan apa kehendak manusia daripada kehendak Tuhan dan ini mendukakan hati Tuhan.

Setiap jabatan yang Tuhan percayakan haruslah kita hargai dan taati. Saat itu Saul posisinya adalah Raja dan Samuel adalah Nabi, dan jabatan masing-masing dari mereka ini mempunya tanggung jawab yang masing-masing juga sesuai yang Tuhan kehendaki saat itu. Saul sudah diperingati oleh Samuel untuk tak mengambil bagian Samuel tapi tetap lakukan tugas Saul sebagaimana seharusnya sebagai raja tapi Saul melanggarnya. Ketidaktaatan mendatangkan hukuman!

Tuhan tidak pernah lalai akan janjiNya, Tuhan tak pernah terlambat dalam bertindak! Saul tidak percaya akan hal ini sehingga Tuhan menggantikannya dengan Daud! Hal utama yang Tuhan perhatikan adalah ketaatan yang melebihi dari segala sesuatu.

Saul dipilih sebagai raja berdasarkan inisiatif dari manusia (self-center) bukan dari Tuhan sedangankan Daud dipilih sebagai raja berdasarkan inisiatif dari Tuhan (God-center).

Tuhan berkesan kepada Daud karena memiliki hati yang benar! Daud dikatakan sebagai gembala,pemuji,pemazmur,penyembah,nabi,raja dan nenek moyang dari Tuhan Yesus.

Kalau kita baca alkitab dijelaskan bagaimana Daud banyak melakukan kesalahan namun Tuhan memaafkan karena yang Tuhan lihat adalah masalah hati dari Daud. Daud memiliki hati yang di sukai oleh Tuhan sebab itu Tuhan katakan bahwa Dauda adalah "a man after HIS own heart" 1 Raja-raja 14:8 Dalam nats dijelaskan bahwa Daud tidak akan melakukan sesuatu tanpa perintah atau seijin Tuhan. Daud banyak melakukan pelanggaran namun Daud cepat bertobat saat Tuhan menegurnya, baik Tuhan tegur Daud secara langsung ataupun melalui hamba Tuhan lainnya (Mazmur 51), ini menyatakan kerendahan hati Daud bukan rendah diri dan ini yang tidak didapati oleh Saul. Saul ditegur oleh Samuel tapi respon tak sesuai yang Tuhan inginkan karena hatinya tak sepenuhnya bertobat dan ini dilihat oleh Tuhan.

Tuhan punya rencana untuk setiap kita, Tuhan kita tak pernah melihat masa lalu kita, Dia memilih kita karena Dia percaya kita mampu jika saja kita percaya dan taat padaNya. Tuhan kita punya suatu yang luar biasa bagi setiap kita untuk mendatangkan kemuliaanNya dinyatakan lebih lagi lewat kehidupan dari setiap kita.

AnugrahNya, ya kita disempurnakan oleh anugrahNya bagi setiap kita dan inilah yang Daud sadari sehingga membuat Daud memiliki rendah hati bukan rendah diri. Daud sangat tergantung kepada Tuhan dan inilah yang menyukakan hati Tuhan.

1 Korintus 1:26-31

Tuhan kita luar biasa, Dia memilih kita karena Dia punya impian bagi setiap kita semua. AnugrahNya, keselamatan yang dariNya itu yang menyelamatkan atau melayakan setiap kita tapi apakah kita sadari itu. Sebab itu kita harus move on/jalan tidak berhenti akan tujuan/harapan/impian Tuhan pada setiap kita. Mengasihi Tuhan dengan sepenuh hati itulah yang Tuhan cari karena ini akan memampukan kita untuk lebih lagi mentaati kehendakNya. Daud dipilih oleh Tuhan untuk memulihkan bangsa pilihan Tuhan yaitu Israel. Ingatlah bahwa rancangan-rancanganNya mendatangkan kebaikan dan bukan kecelakaan.

Jika kita mau memasuki dan mendapatkan visi 2011 tergenapi dalam hidup setiap kita maka kita harus bergerak sesuai dengan kehendakNya. Jangan kita berdiam diri/dalam zona nyaman terus tapi kita harus bergerak lebih lagi sesuai tuntunanNya. Daud untuk mendapatkan promosi yang Tuhan janjikan itu melalui proses yang luar biasa! Setiap proses yang Tuhan ijinkan Daud alami dihadapi oleh Daud dengan tetap percaya,berserah dan taat. Hal ini karena Daud memiliki hati yang benar/tulus yang Tuhan sukai.

Daud tahu posisinya bagi Tuhan, dia diurapi untuk menjadi Raja Israel bukan menjadi orang yang kalah, Hikmat dari Tuhan memimpin dan memampukan Daud menghadapi yang dia hadapi semasa hidupnya. Hikmat datang dari takut akan Tuhan dan Daud memiliki hal ini. Mazmur 18:3-Dalam segala keadaan Daud tetap memuji-muji Tuhan.

Seperti Daud-lah yang Tuhan mau kita juga belajar untuk percaya akan janji-janjiNya bagi setiap kita, masalah hati dan ketaatan itu Tuhan mau kita sadari juga. Daud sangat menghargai waktu dari Tuhan dan Daud juga menghargai orang-orang yang diurapi oleh Tuhan.

2 Samuel 1:17-27

Di nats ini diajarkan juga untuk kita tak bersuka cita diatas penderitaan orang lain.

Apa yang penting bagi Tuhan hendaknya itupun penting bagi kita, demikian Daud menganggap Tuhan dalam hidupnya. Apa yang Tuhan suka itupun menjadi kesukaan bagi Daud. Demikianlah Tuhan mencari orang-orang yang seperti ini, orang-orang yang sehati dengan Tuhan. Tuhan mencari orang-orang yang mau berkomitmen penuh kepadaNya supaya rencana-rencanaNya dalam setiap kita tergenapi.

Tuhan mau kita hidup yang berkenan bagiNya, ingatlah Tuhan kita maha tahu karena itu mintalah Tuhan untuk menyelidiki hati kita dan menyucikannya, biarlah kita memiliki hati yang berkenan bagiNya. Kita adalah teman sekerjaNya! Bangun keintiman kita denganNya lebih dari waktu-waktu yang lalu! Masalah hati dan ketaatan menentukan kita lebih lagi menjadi kesukaan bagiNya.

0 comments:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Blog Archive

 
Design by ThemeShift | Bloggerized by Lasantha - Free Blogger Templates | Best Web Hosting