27 Jan 2011

Berlatih SABAR

0

Berlatih SABAR...1 Samuel 13: 1-15
oleh Jeffry Hutabarat

Konosuke Matsushita, pendiri Matsushita Electric yang berusia 88 tahun ketika diwawancarai oleh seorang wartawan yang bertanya, "Tuan Matsushita, apakah perusahaan anda punya sasaran jangka panjang?" "Ya jawabnya" "Berapa lama sasaran itu bisa tercapai?" " 250 tahun lagi". "Lalu, apa yang anda butuhkan untuk mencapai sasaran itu?" "KESABARAN".



Berbicara tentang Kesabaran adalah bicara tentang sesuatu yang kita pelajari seumur hidup kita. Sayangnya, Kesabaran tampaknya makin tidak populer saat ini. Semua orang ingin segala sesuatunya instan dan serba cepat. Sampai-sampai segala carapun dihalalkan. Kisah Saul dari Firman Tuhan yang tercantum di atas juga menceritakan betapa pentingnya Kesabaran itu. Kejadiannya tampak sederhana, yaitu Nabi Samuel menyuruh Saul menunggu 7 hari sebelum membakar korban bakaran. Tetapi karena Samuel tidak kunjung datang dan Saul takut rakyatnya akan meninggalkan dia, maka ia memutuskan membakar sendiri korban bakaran tersebut. Dan apa yang terjadi? Samuel menegurnya dengan keras karena apa yang dilakukan Saul melanggar wewenangnya. Pemimpin yang tidak menyadari wewenangnya akan berbahaya. Tapi, ketidaksabaran dan ketakutan Saul ditinggalkan rakyatnya justru membuat tahtanya dipindahkan Tuhan kepada orang lain, yaitu Daud.

Sadari bahwa ada banyak hal di dalam hidup ini yang tidak bisa terjadi dalam waktu semalam. Segalanya butuh Waktu dan Proses. Seorang anak harus menunggu sampai berusia 17 tahun untuk memperoleh KTP, seorang ibu harus menunggu 9 bulan untuk melahirkan anaknya, dst. Jangan sampai kita tidak bisa bersabar, lalu bertindak melanggar wewenang kita, atau bahkan memaksakan sehingga hasilnya justru semakin berantakan. Adakah sasaran jangka panjang dihidupmu? Ingatlah! bukan hanya sumber daya dan Strategi yang baik yang diperlukan, tapi juga KESABARAN. Kitab Amsal mengatakan, "Orang yang Sabar MELEBIHI seorang Pahlawan" (Amsal 16:32). Halleluya!!!



NB: " Kesabaran itu memang Pahit rasanya, tetapi buahnya Manis bagi Jiwamu"

0 comments:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Blog Archive

 
Design by ThemeShift | Bloggerized by Lasantha - Free Blogger Templates | Best Web Hosting