24 Nov 2010

Tubuh, Jiwa dan Roh yang sempurna

0

1 Tesalonika 5:23 - 28
Kita tahu bahwa susunan hidup manusia adalah Roh,Jiwa dan tubuh. Ketiga hal ini tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lain. Garis bawahi semoga roh, jiwa dan tubuhmu kelihatan sempurna. Kata terpelihara sempurna = keadaan baik, keadaan sehat. Mari kita lihat ketiga bagian ini:

1. Roh yang sehat adalah roh yang terpelihara. Seperti halnya tubuh kalau ingin sehat maka anda makan makanan yangs sehat. Makanan yang sehat bagi roh adalah:

- Membaca firman dan merenungkan serat melakukan.
- Hidup dalam pujian penyembahan dan doa. Peliharalah roh kita dengan firman, doa, pujian penyembahan karena roh berhubungan dengan Tuhan. Roh mulai sulit apabila tidak ada makanan rohani. Roh = spirit = semangat hidup yang menghantarkan kemenangan.

2. Jiwa yang sehat adalah jiwa yang terpelihara. Pembahasan yang sedikit panjang, karena dalam jiwa ada emosi/perasaan. Ada 2 kelompok emosi: emosi + dan emosi -. Supaya jiwa sehat? Jujur pada Tuhan, akui, lepaskan pengampunan dan kepahitan, belajar menerima orang lain, seperti Yesus menerima apa adanya. Mungkin kita pergi jalan-jalan untuk menyenangkan diri itu tidak salah tetapi itu sementara.

3. Tubuh yang sehat adalah tubuh yang terpelihara. Tentu kita tahu semua, kalau tubuh ingin sehat, makan yang sehat, makanan yang sehat bergizi. Pelihara tubuh sedemikian rupa. Tubuh kita bait Roh Kudus. Bagi wanita berusaha memelihara tubuh dengan berbagai rupa agar orang senang melihatnya, suami senang, tapi kalau tubuh tidak terpelihara orang males lihat.

0 comments:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Blog Archive

 
Design by ThemeShift | Bloggerized by Lasantha - Free Blogger Templates | Best Web Hosting